Kitab Keluaran

Penulis : Musa.

Waktu Penulisan : Antara 1450 dan 1400 SM.

Rentang Waktu : Sekitar 431 tahun (periode waktu sejak tibanya Yakub di tanah Mesir sampai pembangunan Kemah Suci (Tabernakel) di padang belantara )

Judul Kitab : Kata “Keluaran” berarti “keluar” atau “berangkat”.

Latar Belakang : Kitab kedua dari Pentateukh; Keluaran, merupakan kisah dalam kitab Kejadian. Hanya 70 keturunan  Yakub yang melakukan perjalanan ke tanah Mesir, tetapi setelah jumlah mereka berkembang menjadi sangat banyak, mereka kemudian dijajah sebagai budak oleh pemimpin bangsa Mesir yang tidak mengenal Yusuf (putra Yakub). Selama empat abad jumlah mereka telah bertambah menjadi sebuah bangsa dengan jumlah sekitar tiga juta sebelum perjalanan jeluar dari Mesir dimulai.

Tempat Penulisan : Secara umum diyakini bahwa Musa mendapatkan pewahyuan ini ketika sedang berada di padang gurun Sinai.

Mulanya Ditujukan Kepada : Bangsa Israel.

Isi : Keluaran dimulai dengan keturunan Yakub yang hidup dalam perbudakan oleh bangsa Mesir. Musa dipanggil dan diperintahkan oleh Allah untuk memimpin bangsa Israel keluar dari perbudakan ini. Israel akhirnya diizinkan untuk meninggalkan Mesir setelah Allah memerintahkan Musa untuk menjatuhkan sejumlah tulah atas Mesir dan Firaun. Paskah pun diadakan, dengan menekankan bahwa penebusan darah selalu diperlukan. (pasal 12), dan perjanjian yang dihasilkan antara Allah dan bangsa Israel menandai mereka sebagai umat pilihan Allah. Allah lalu melepaskan Israel dengan mujizat melalui Laut Merah. Di gunung Sinai Allah memberikan Sepuluh Perintah Allah, namun kemudian Ia harus menghakimi mereka atas kemurtadan dan penyembahan mereka kepada anak lembu emas (pasal 32). beberapa bulan kemudian, Kemah Suci pun didirikan.

Kata Kunci : “Pembebasan”; “Penebusan”; “Perintah”. Pembebasan bangsa Israel dari penindasan sebagai budak hanyalah satu dari banyak perbuatan ajaib yang dikerjakan Allah bagi “penebusan” umat pilihan-Nya. Sepuluh “Perintah” dan hukum-hukum yang lain memberikan manusia pedoman yang diperlukan untuk hidup menurut kehendak Allah.

Tema :

  • Perlindungan dan penyertaan Allah tersedia bagi anak-anak-Nya ketika mereka membutuhkannya.
  • Ketaatan akan Firman Allah membawa kemakmuran dan berkat… ketidaktaatan membawa kegagalan dan penghukuman.
  • Bagian dari ikatan perjanjian kita dengan Allah adalah mempercayai dan mentaati-Nya sebagai balasan atas keselmatan dan pembebasan yang dianugerahkan-Nya.
  • Janji-janji Allah dapat diandalkan sepenuhnya dan tanpa kompromi.

Garis Besar:

  • Perbudakan Israel dan persiapan Musa.  1:1-4:31.
  • Pembebasan Allah atas Israel dari tanah Mesir.  5:1-15:21.
  • Perjalanan Israel di padang belantara menuju gunung Sinai.  15:22-18:27.
  • Perjanjian Allah dan Sepuluh Perintah Allah.  19:1-24:18.
  • Kemah Suci dan peraturan-peraturan yang berhubungan.  25:1-31:18.
  • Kemurtadan Israel.  32:1-35.
  • Pembaharuan Perjanjian Allah.  3:1-40:38.

Sumber : Lembaga Alkitab Indonesia.

Tags:

Post Author

Postingan ini dibuat oleh suhartanatanael@gmail.com yang telah menulis 299 dibuat pada Kegiatan Kristiani.

Belum ada komentar.

Berikan Tanggapan