Kitab Zefanya

Penulis : Zefanya.

Waktu Penulisan : Antara 640 dan 612 SM.

Rentang Waktu : Tidak disebutkan,

Judul Kitab : Dari penulis kitab ini : Zafanya. Nama ini berarti “Yahwe melindungi”

Latar Belakang:  Zefanya melayani Yehuda selama tahun tahun sebelum kehancuran total tiba – yaitu saat Yosia muda menjadi raja. Yosia memulai sebagai seorang raja yang baik dan mengadakan reformasi meluas sampai ke akar-akarnya, kemungkinan dipengaruhi oleh nabi Zefanya. Akan tetapi, usaha-usaha ini tidaklah cukup, karena Yehuda jatuh semakin dalam di dalam dosa dan kemurtadan. Zefanya yang hidup semasa dengan Yeremia, bermukim di Yerusalem. Nubuatnya mengenai penghakiman Allah atas Yehuda baik yang akan segera jatuh, maupun dalam jangka panjang. Zefanya kemungkinan merupakan cicit Hizkia, raja Yehuda terdahulu.

Tempat Penulisan : Yehuda.

Mulanya Ditujukan Kepada : Terutama kepada Yehuda.

Isi : Kitab Zefanya merupakan pesan tentang penghakiman. Nabi ini dengan jelas sekali mengunakan 53 ayat dalam kitab ini untuk mengambarkan murka yang akan jatuh atas Yehuda, Filisten, Moab, Amon, Etiopia, dan Asyur.  Perhatian khusus diberikan atas dosa dan kehancuran yang akan datang atas Yerusalem. namun, berkat di masa depan tersedia bagi semua umat Allah, tidak peduli bangsa Yahudi ataupun kafir apabila mereka taat kembali berpaling kepada-Nya. Sisa-sisa bangsa Israel yang dijanjikan akan dipulihkan, dan akan ada sukacita diantara segala bangsa di bumi (pasal 3).

Kata Kunci : “Hari penghakiman Tuhan” ; “Sisa”. Zefanya dengan sungguh-sungguh menyerukan bahwa pembalasan dan kesucian memimpinnya untuk menyatakan penghakiman atas seluruh bangsa atas dosa-dosa mereka dalam “Hari Tuhan yang Besar” yang akan datang (pasal 1),. Namun, Allah telah berjanji untuk mengangkat sebuah “sisa” umat yang akan dikumpulkan kembali dari seluruh ujung bumi untuk hidup dalam sukacita dan penghiburan dari Tuhan.

Tema :

  • Allah tidak berprasangka …. Ia membenci dosa dan mencintai ketaatan.
  • Allah inginkita mempunyai hati yang murni, dan tidak munafik, dengan penampilan luar yang menunjukkan kesalehan.
  • Hari Tuhan yang akan datang akan membawa penghukuman jauh lebih hebat dari apa yang pernah diketahui dunia.
  • Sebuah hubungan yang diperbaharui dengan Allah tersedia bagi semua yang memilih hati yang sungguh-sungguh bertobat.

Garis Besar :

  • Penghukuman Allah atas Yehuda.  1:1-2:3.
  • Penghukuman Allah atas bangsa-bangsa disekitar Yehuda,  2:4-3:8.
  • Pemulihan Allah atas Yehuda.  3:9-20

Sumber: Lembaga Alkitab Indonesia.

Tags:

Post Author

Postingan ini dibuat oleh suhartanatanael@gmail.com yang telah menulis 299 dibuat pada Kegiatan Kristiani.

Satu Tanggapan “Kitab Zefanya”

  1. amortization tables calculator Januari 18, 2011 2:56 am #

    I thought it was going to be some rehashed old information, but I’m glad I stopped by. I will post a link to this site on my website. My visitors will find this information very useful.

Berikan Tanggapan